KHASIAT MENTIMUN, OBATNYA AISYAH RA

Khasiat mentimun
MENJAGA KESEHATAN DAN PEMBENTUK TUBUH IDEAL

Selama ini, mungking, kita hanya tahu mentimun sebagai sayuran dan pelengkap makanan, padahal, banyak manfaat yang dikandung oleh sayuran ini, baik untuk kecantikan maupun kesehatan.

Dizaman Rasululloh SAW, sayuran ini sudah dipakai sebagai salah satu bahan unuk kesehatan. Biasanya, mentimun dikombinasi dengan kurma segar untuk menjaga kesehatan. Dalam sebuah Hadist disebutkan bahwa Rasululloh SAW sering melakukannya. Dari Aisayah bahwasanya," Rasululloh sering makan mentimun dicampur dengan kurma basah." (Riwayat Tirmidzi)

Selain untuk menjaga kesehatan, kombinasi keduannya juga untuk meningkatkan berat badan dan mengubah bentuk tubuh yang semula kurus ceking menjadi lebih berisi. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Aisyah RA ketika hendak dipertemukan dengan Rasululloh SAW, rutin mengonsumsi mentimun dan kurma basah untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Maklum, ketika itu tubuhnya kecil dan kurus.

Aisyah berkata,: Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasululloh dan usah itu tidak membuahkan hasil sehingga akum mamakan mentimun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal." (Riwayat Ibnu Majah).

Selain itu, mengonsumsi kurma dan mentimun bisa memperbesar ukuran payudara bagi kaum wanita.
Dalam ilmu pengobatan islam, sayur yang memiliki nama ilmiah cucumis sativus ini dikenal dengan nama qitsa' atau khiyar. Allah SWT menyebut sayuran ini dalam surat Al Baqarah (2): 61.

Hasil penelitian modern menyebutkan bahwa mentimun mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat. Selain itu juga mengandung zat bermanfaat lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforrus, vitamin A, vitamin B1,B2, dan vitamin C.

Karena banyak mengandung bahan penting itu, mentimun sangat baik digunakan sebagai tonik ( menjaga kesehatan). Selain itu, ia juga digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Jus mentimun bersifat menurunkan panas pada saat demam dan mendinginkan badan.. Juga meenurunkan tekanan darah tinggi, serta menyehatkan saluran pencernaan.

Ia juga merupakan peluruh kencing yang baik, sementara irisan mentimun yang dikompreskan pada kelopak masta saat terpejam dapat menghilangkan noda hitam pada kantung mata akibat kurang tidur..

Masker wajah dengan mentimun yang dihaluskan merupakan ramua alami untuk meremajakan sel2 kulit wajah agar tepa awet mudan dan mencegah keriput. Sementara bila secara teratur dileskan/dibalurkan pada pangkal paha atau bagian pantat, bisa berkhasiat menhilangkan selulit.

Beberapa khasiat lain dari mentimun juga dibahas dalam beberapa hadist al Quran yang pada dasarnya berkhasiat untuk kesehatan,kebugaran dan kecantikan.

Sumber : Bahrul Ulum Suara Hidayatulloh

1 comment: