RPP Berkarakter Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1, Wrtng Aspec, Menulis Teks Deskripsi Sederhana, animal theme


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP                                        : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas     / Semester            : VIII/1
Tahun Pelajaran                  : 2012-2013
Waktu                                     : 2 x 45’ (1 kali pertemuan)

Standar Kompetensi :
Writing
6.  Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar :
6.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan   menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
a.       Menulis teks essai dalam bentuk description

11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan teks ciri2 khusus (animal theme) fang, beak, fur, has, have, wng, scales, antlers, horns, hooves, feather, jumps, run , walk etc
2. Kalimat present tense  dan latihannya Misal : Giraffe has many spot and long neck, Fish is an animal with scales, Whale is the biggest animal on earth, Kangaroo jumps with two legs, etc
3. Contoh teks description dan langkah retorikanya
Langkah retorika
Contoh teks
Identification
      A giraffe is a mammal.
Descriptions
      It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes. They are protected by very thick lashes. The skin has many spots. The spots are brown. This coloring helps the giraffe from its enemy. It also has two short horns on its head.
      The giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty kilometer  per hour or stay to fight with its strong legs
 
III. Metode Pembelajaran
b.      Tanya jawab
c.       Diskusi
d.      P-P-P

IV.  Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan
1.       Siswa merespon pertanyaan guru 
               agar tercipta suasana kekeluargaan
2.       Siswa merespon pertanyaan guru 
               tentang kehadiran
3.       Berpartisipasi aktif dalam proses
               pembelajaran
4.       Guru mengajukan pertanyaan yang
               mengaitkan pengetahuan sebelumnya
               dengan materi yang akan dipelajari
5.       Menjelaskan tujuan pembelajaran
               atau KD yang akan dicapai
6.       Menyampaikan cakupan materi 
               dan penilaiannya

b.      Kegiatan Inti

1.       Siswa memperhatikan penjelasan
              guru tentang langkah retorika menulis
              teks deskripsi
2.       Tiap kelompok berdiskusi mencari ciri2
               generic struktur teks deskripsi
3.       Siswa memahami kalimat 2 yang
               mewakili setiap langkah retorika dalam 
               teks deskirpsi
4.       Siswa membuat sendiri kalimat 
               present tense sesuai dengan tema
              ( sdh dipelajari d session sebelumnya)
5.       Siswa membuat teks deskripsi sederhana
b.      Kegiatan Akhir
1.       Siswa memperhatikan simpulan
              tentang hal2 yang diajarkan guru
2.       Siswa memberi refleksi/komentar 
              tentang hal-hal dan telah dipahami
              maupun hal2 yang dipelajari baik yg 
              menyenangkan atau tidak menyenangkan
3.       Siswa diberi tugas terstruktur untuk 
               memamtapkan kompetensi menulis
               teks deskripsi
4.       Siswa memperhatikan harapan2 
               dan nasihat yg disampaikan guru
5.       Mempersiapkan materi yang akan
               dibahas pada pertemuan berikutnya.

V.    Sumber dan Media Pembelajaran
       a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
       b. Gambar yang relevan
       c. Kamus

VI.  Tugas terstruktur

        Siswa menulis teks deskripsi sesuai dengan tema

VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
  1. Menulis teks deskripsi sederhana

Tes tulis
Uraian
a.Write  a simple decription text in animal theme



  1. Rubrik Penilaian
Aspek
Skor
Keterangan
Langkah retorika




Tata Bahasa




Kosa kata




Kejelasan makna




Hubungan antar gagasan
4
3
2
1

4
3
2
1

4
3
2
1

4
3
2
1

4
3
2
1
Berstuktur sesuai jenis deskripsi secara maksimal
Berstuktur minimal sesuai jenis deskripsi
Pilihan teks tidak jelas
Tidak berstuktur dan sulit dipahami

Benar dan tepat
Tekadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
Kurang tepat dan mempengaruhi arti
Sulit dimengerti

Benar dan tepat
Tekadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
Kurang tepat dan mempengaruhi arti
Sulit dimengerti

Sangat jelas dan sangat efektif
Cukup jelas dan efektif
Jelas dan tidak efektif
Kurang jelas

Sangat jelas
Cukup jelas
Kurang jelas
Tidak jelas




 
Lampiran
Tugas Terstruktur

 Siswa membawa 1 foto binatang dan selembar kertas HVS



Rabbit

Identifcation



Description









 Created by Susilowati Handayani,SMPN 2 Cipeundeuy,KBB,2012

No comments:

Post a Comment