Tweet |
Lady Bug |
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2012-2013
Waktu : 2 x 45’ (1 kali pertemuan)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2012-2013
Waktu : 2 x 45’ (1 kali pertemuan)
Standar
Kompetensi :
6.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar :
6.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan
recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
1. Menyusun dan menulis kalimat dalam bentuk present tense
1. Menyusun dan menulis kalimat dalam bentuk present tense
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan ciri2 khusus binatang : beak, fur, feather, horn,
antlers, fang, wing, claw, paw, spot, stripe, tame, wlld, etc
2. Sentences dan latihannya Misal :
The tiger has a yellow black stripes(+)
The tiger doesn’t have wing(-)
Does
the tiger have a beak ? (?)
3. Pola kalimat Present tense
No
|
subject
|
Verb
1 + s/es
|
Object
|
Plural
|
|||
1
|
You
We
They
|
Have
Have
have
|
Many books
|
Singular
|
|||
2
|
I
|
have
|
Many books
|
3
|
He
She
It/things, animal, plant, place
etc (Giraffe)
|
Has
Has
has
|
Many spots
|
4. Contoh teks description dan langkah retorikanya
Langkah retorika
|
Contoh teks
|
Identification
|
A giraffe is a mammal.
|
Descriptions
|
It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes.
They are protected by very thick lashes. The skin has many spots. The spots
are brown. This coloring helps the giraffe from its enemy. It also has two
short horns on its head.
The giraffe has two methods of self
protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at
about fifty kilometer per hour or stay
to fight with its strong legs
|
III.
Metode Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pendahuluan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang
kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang
kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b. Kegiatan
Inti
1. Siswa dibagi menjadi 10 kelompo
2. Siswa berdiskusi tentang Pola kalimat present tense
dan berbagai jabatan kata dalam sebuah kalimat
dibimbin oleh guru.
3. Tiap kelompok mendapat sebuah amplop
bernomor (1-10) yang isinya sebuah kalimat acak
4. Siswa dalam tiap kelompok bekerja sama
menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang
benar
5. Tiap kelompok bertukar amplop dengan kelompok lain
6. Tiap kelompok menuliskan 1 kalimat yang telah
disusun di papan tulis
7. Siswa dan guru mendiskusikan jawaban yang benar
sesuai dengan formula kalimat present tense dan
mengoreksi, menjelaskan kalimat yang salah
1. Siswa dibagi menjadi 10 kelompo
2. Siswa berdiskusi tentang Pola kalimat present tense
dan berbagai jabatan kata dalam sebuah kalimat
dibimbin oleh guru.
3. Tiap kelompok mendapat sebuah amplop
bernomor (1-10) yang isinya sebuah kalimat acak
4. Siswa dalam tiap kelompok bekerja sama
menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang
benar
5. Tiap kelompok bertukar amplop dengan kelompok lain
6. Tiap kelompok menuliskan 1 kalimat yang telah
disusun di papan tulis
7. Siswa dan guru mendiskusikan jawaban yang benar
sesuai dengan formula kalimat present tense dan
mengoreksi, menjelaskan kalimat yang salah
c. Kegiatan
Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami
maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan
atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan
kompetensi menulis teks deskripsi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami
maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan
atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan
kompetensi menulis teks deskripsi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
b. 10 set kalimat
acak present tense (animal theme)
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa menyusun kalimat acak menjadi kalimat
yang benar ( 5)
VII.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
(animal theme)
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
a.Arrange the words into a good
sentences
(Terlampir)
|
- Pedoman Penilaian
1, Jumlah skor maksimal per siswa 10
2. Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0-100
3. Perhitungan
nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (100)
Total score maks
Lampiran
10 set kalimat acak dalam
amplop
1. Orangutan has
brownish and soft fur
2. Cockatoos are real
intelligent birds
3. Kangaroo jumps with
two legs
4. Gorilla is a wild
and huge animal
5. Lion is the king of
the jungle
6. Whale is the
biggest animal on earth
7. Wolf has sharp
fangs
8. Butterfly has colorful and beautiful wings
9.
Lobster,
scorpion and hermit crab are an animal with claws
10.
Bull and antelope are an animal with
horns
Lampiran
Tugas Terstruktur
1.
Lizard and
fish are animal with scales
Scales
– and – are – animal – with – lizard - fish
2.
Snail is an
animal with shell
shell
– with –an animal – snail- is
3.
Jellyfish
has many tentacles
Tentacles
– jellyfish – many - has
4.
Elephant has
two precious tusks
Two
– elephant – tusks – precious - has
5.
Sometime
parrot speaks like human
Speaks
– sometime – like – human - parrot
Created by Susilowati Handayani, SMPN 2 Cipeundeuy KBB, 2012 | |||
I am waiting for your comment...
ReplyDeletethank a lot...
semoga bermanfaat