RPP Berkarakter Bahasa Inggris Kelas 8 SMP Semester 1, Membaca (Reading), Teks Deskripsi

                                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                               SMP                             :
                               Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
                               Kelas    / Semester        : VIII/1
                               Tahun Pelajaran             :
                               Waktu                          : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)



Standar Kompetensi :
    Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk 
    descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.

Kompetensi Dasar :
5.3    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, 
         lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks 
         berbentuk descriptive dan recount

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.    Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b.    Menentukan gambaran umum dari teks
c.     Menentukan informasi yg tersurat
d.    Menentukan makna kata dari teks
e.    Menentukan tujuan komunikasi dari teks

11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan girrafe : mammal, tall,spots,horn, 
    lash,head,gallop,strong,legs
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense : A girrafe is a mammal
5. Contoh teks Deskripsi

Langkah  Retorika         Contoh Teks
Identification               A giraffe is a mammal.
Description                  It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes. 

                                    They are protected by very thick lashes. The skin has many 
                                    spots. The spots are brown. This coloring helps the giraffe from
                                    its enemy. It also has two short horns on its head.
                                   The giraffe has two methods of self protection. If something 
                                    frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty 
                                    kilometer  per hour or stay to fight with its strong legs

III. Metode Pembelajaran
a.    Tanya jawab
b.    Diskusi
c.    P-P-P

IV.  Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.    Kegiatan Pendahuluan
1.    Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
2.    Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3.    Berpartisipasi aktif dalam proses  pembelajaran
4.    Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan 
       materi yang akan dipelajari
5.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6.    Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya

b.    Kegiatan Inti (Download Power Point Teks Deskripsi KLIK DISINI)
1.    Siswa membaca teks deskripsi selama 15 menit
2.    Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
3.    Siswa menemukan arti kata yang sulit
4.    Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan langkah retorika teks deskripsi
5.    Siswa membahas kalimat present tense
6.    Siswa menjawab pertanyaan bacaan

c.    Kegiatan Akhir
1.    Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
2.    Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun 
       hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
3.    Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan kompetensi
4.    Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
5.    Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

V.    Sumber dan Media Pembelajaran
       a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
       b. Gambar Animal Body Part---- KLIK DISINI
       c. Kamus

VI.  Tugas terstruktur

        Siswa mengindetifikasi langkah retorika dari buku B.Inggris di perpustakaan

VII. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi  
                                                                                   Penilaian
                                                                                   Teknik      : Tes Tulis
                                                                                   Bentuk     : Uraian  Instrumen
a.    Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
         What is the main idea of the second paragraph
b.    Menentukan gambaran umum dari teks
         What is the text talk about?
c.     Menentukan informasi yg tersurat
         What is the colour of the girrafe's spot?
d.    Menentukan makna kata dari teks
         It can gallops away at...
         The underlined word means......
e.    Menentukan tujuan komunikasi dari teks
       What is the purpose of the text?

a.    Rubrik Penilaian
       Score    Penilaian
         2          Isi benar, tata bahasa benar
         1          Isi benar, tata bahasa kurang tepat
       0,5        Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
         0        Isi salah, tata bahasa salah

b.    Pedoman Penilaian

1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
    Nilai akhir =  Perolehan score  x score ideal (10)
                       Total score maks

createb by Susilowati Handayani

INGIN MEMBACA RPP BAHASA INGGRIS BERKARAKTER LAINNYA DENGAN BERBAGAI TEMA DAN ASPEK KEAHLIAN DIKEMAS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG MENARIK DAN KREATIF  klik disini

13 comments: