Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Inggris



IMPROVING STUDENTS’ WRITING  ABILITY THROUGH COLLABORATIVE WRITING IN LEARNING RECOUNT TEXT FOR EIGHTH  GRADE STUDENT OF 
  SMPN 2 CIPEUNDEUY

Susilowati Handayani


A.      LATAR BELAKANG
Saat ini Bahasa Inggris adalah bahasa utama komunikasi antarbangsa. Selain digunakan sebagai media untuk berkomunikasi juga digunakan untuk menguasai teknologi. Selain itu, Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan menghasilkan teks lisan dan tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris baik ditingkat SMP maupun tingkat SMA agar lulusan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris


Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun demikian pada keterampilan ini peserta didik belum menampakkan hasil yang memuaskan. Pada tingkat SMP ,salah satu KD yang harus dicapai oleh siswa kelas 8 adalah  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Dalam pembelajaran untuk mencapai KD tersebut penulis  telah melakukan proses pembelajaran dan menemukan
bahwa  pembelajaran berlangsung secara pasif dan membosankan karena tidak menggunakan model pembelajaran  ,penulis cenderung memberikan focus pada aspek teori dan mendominasi kelas, pembelajaran menjadi tidak efektif dan KKM yang diharapkan tidak tercapai.
Beberapa masalah di atas memotivasi penulis untuk membuat penelitian dengan strategi penerapan model collaborative writing karena dengan model pembelajaran tersebut siswa  akan dapat berlatih menulis dalam proses pembelajaran yang berlangsung menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu penelitian ini mendesak untuk dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa.
Berdasarkan hal tersebut, saya membuat Penelitian Tindakan Kelas  dengan Judul
“MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RECOUNT DENGAN COLLABORATIVE WRITTING PADA SISWA KELAS 8 SMPN 2 CIPEUNDEUY”

B.      RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pada latar belakang masalah , perumusan masalahnya adalah sebagai berikut
1.       “Apakah dengan proses pembelajaran menggunakan model collaborative writting dapat meningkatkan kemampuan  menulis teks recount pada siswa kelas 8 SMPN 2 Cipeundeuy?
2.       “ Jika bisa bagaimana model collaborative writing tersebut direalisasikan dalam proses pembelajaran?

C.      TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam PTK ini adalah sebagai berikut:
1.       Mengembangkan kemampuan siswa dalam menyusun teks recount
2.       Mengembangkan model pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan

D.      MANFAAT PENELITIAN
1.       Bagi Guru
Mengembangkan model pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis
Membantu meningkatkan kualitas profesionalisme guru.
2.       Bagi Siswa
Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount
Meningkatkan rasa senang dan motivasi belajar
Meningkatkan keaktifan, kreativitas dan hasil belajar siswa yang lebih tinggi
3.       Bagi Sekolah
Melalui model pembelajaran collaborative writing membantu memperbaiki pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Cipeundeuy.

E.       LANDASAN TEORITIS
1.       Teks Recount
Teks recount adalah jenis teks yang menceritakan kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu.
2.       Collaborative Writing
Menurut Jacob (1999:13) Collaborative writing sebagai suatu strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam aktivitas kelompok kecil (minimal dua orang) yang masing2 mempunai tk kemampuan yang tidak sama utk meningkatkan pnguasaan mereka terhadap pelajaran. Masing-masing anggota kelompok tidak hanya ;bertanggung jawab membantu teman kelompoknya untuk belajar dan memahami pelajaran yang mereka dapatkna.
3.       Karakteristik peserta didik kelas 8
F.       METODE PENELITIAN
1.       Subject Penelitian
Penelitian ini akan melibatkan 40 siswa kelas 8G
2.       Lokasi Penelitian
Penelitian ini akan diadakan di SMPN 2 Cipeundeuy yang terletak di Jl.Cinangsi Desa Nanggeleng Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat
3.       Waktu
Waktu ini dilaksanakan selama 3 bulan

G.     PROSEDUR PENELITIAN
Prosedur ini akan dilaksanakan dalam 3 siklus
Siklus 1
1.       Perencanaan
Mencari materi, memuat rpp, memberikan pretest
2.       Tindakan atau perlakuan
Menerapkan model pembelajaran collaborative writing
3.       Refleksi
Melakukan analisis dan diskusi
Siklus 2
1.       Perencanaan
Memperbaiki RPP, Mengevaluasi hasil refleksi, mendiskusikan dan mencari upaya perbaikan
2.       Tindakan
Melaksanakan tindakan perbaikan dengan menggunakan penerapan model belajar
3.       Refleksi
Melakukan analisis dan diskusi
Siklus 3
4.       Perencanaan
Mengevaluasi hasil refleksi, mendiskusikan dan mencari upaya perbaikan
5.       Tindakan
Melaksanakan tindakan perbaikan dengan menggunakan penerapan model belajar
6.       Refleksi
Menganalisis temuan dan hasil akhir penelitian dan menyusun rekomendasi
                         Siklus 3
1.       Menganalisa hasil dan refleksi


                       H.   JADWAL PENELITIAN
            
                       Penelitian ini akan diadakan pada semester 1 tahun pelajaran 2014-2015, 
                       dari bulan Januari    sampai dengan bulan Maret.

No comments:

Post a Comment