RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas 7, My Idol Teacher


Satuan Pendidikan          : SMPN 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                : VII/1
Materi Pokok                   : Teks Deskriptif ( Writing)
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 Menit

A.            KOMPETENSI INTI
KI 1         : Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2         : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
                  ( toleransi,gotong royong), santun,percaya diri, dalam berinteraksi
                 secara efektif
                 Dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan 
                 pergaulan dan keberadaannya.
KI 3         : Memahami pengetahuan (factual,konseptual, dan procedural)
                 berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
                 teknologi, seni, budaya terkait  fenomena dan kejadian
                 tampak mata.
KI 4         : Mencoba,mengolah dan menyaji dalam ranah konkret
                (menggunakan,Mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat)
                ranah abstrak ( menulis, Membaca,menghitung, menggambar
                dan mengarang) sesuai dengan yang Dipelajari  disekolah
                 dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

http://2.bp.blogspot.com/-4WsiOSBbjMQ/UwiEn2XkHeI/AAAAAAAAAvw/unt5v-GtFtA/s1600/KURIKKULUM+2013.bmp

B. KOMPETENSI DAS AR DAN INDIKATOR
1. KOMPETENSI DASAR
3.10 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.10.1 Mengidentifikasi fungsi social dari teks deskriptif.
3.10.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks deskriptif
3.10.3 Mengidentifikasi struktur teks dari teks deskritif

4.13  Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

4.13.1      Menulis teks deskriptif tulis sederhana


2.3 Menunjukkan  perilaku tanggung jawab, peduli,kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsiona
2.3.1          Menunjukkan sikap santun, bekerja sama , tanggung jawab,




C.         TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Diberikan teks deskriptif sederhana siswa dapat mengidentifikasi fungsi social dengan benar
2.       Diberikan teks deskriptif sederhana siswa dapat mengidentifikasi struktur teks dengan benar
3.       Diberikan teks deskriptif sederhana siswa dapat mengidentifikasi ciri kebahasaan dengan benar.
 Siswa dapat menulis teks deskriptif sederhana dengan unsur kebahasaan dan struktur teks yang   benar

D.            MATERI PEMBELAJARAN
Teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan orang, binatang, dan benda, dll
Fungsi sosial
Menggambarkan, Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb.
Struktur text
Generic Structure
Sentence
Identification
My favorite teacher is Miss Neneng.

 

Description
She teaches science .
She is  beautiful and slim.
Her skin is white.
She has long and straight hair.
She is a  friendly teacher.
She likes  reading novels.
Her favorite writer is Andre Hirata .

Unsur kebahasaan
(1)    Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(2)    Kata ganti it, they, she, we, dst.; our, my, your, their, dst.
(3)    Kata sifat yang sangat lazim, old, fat, tall, short, beautiful, patient, nice, wise, smart, fat  dll.
(4)    Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense: be, have ,has, like , love, dll.
(5)    Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal

Topik
Menggambarkan guru untuk memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, cinta dan kerjasama

E.    METODE PEMBELAJARAN
Metode Scientific
Strategi Collaborative writing

F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
      Media                             : Powerpoint, kalimat acak, deskriptif plan
      Alat                                  : Laptop, pointer
      Sumber belajar           : Buku Bahasa Inggris, When English Rings a bell Kelas 7 Edisi Revisi 2014,
                                              hal: 191
                                                  -  Sumber dari internet : www.esllibrary.com
 , www.googleimages, www.123rf

F.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan(5 menit)
-          Mengucapkan salam dan berdoa
-          Memberikan motivasi dan apersepsi
-          Menginformasi tujuan pembelajaran
-          Menyampaikan skenario pembelajaran

Kegiatan inti
1.       Mengamati(10 menit)
·         Siswa mengamati gambar pada layar dan mendengar contoh teks deskriptif yang dibacakan oleh guru dengan fungsi social, struktur teks, unsur kebahasaan teks deskriptif
·         Guru mencatat/menilai aspek sikap dan kesungguhan/keaktifan siswa.

2.       Menanya : (10 menit)
·         Dengan mempertanyakan pengarah dari guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi social, struktur teks,unsur kebahasaan  teks deskriptif.
·         Guru menilai aspek sikap dan kesungguhan/keaktifan siswa. (10 menit)

3.       Mengasosiasi(40 menit)
·            Siswa menuliskan kembali teks  secara kolaborasi  (draft )
·            Siswa merevisi draft
·            Guru memberikan feedback
4.       Mengomunikasikan (10 menit)
·         Siswa menulis teks deskriptif sederhana secara individu
·         Guru mengawasi siswa  


Penutup(10 menit)
·         Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik Penilaian                           : Tertulis
2. Bentuk                                           : Teks Deskriptif sederhana
3. Instrumen                                      :  Write a short descriptive text about your idol teacher !
                                                             Use these questions to help you
1.       What is your idol teacher’s name?
2.       What does he/she teach ?
3.       What is he/she like?            
4.       How is her/his characteristic?


Rubrik Penilaian Aspek Keterampilan:
No
Aspek yang
Dinilai
Kriteria
Score
1
Kesesuaian isi dengan Judul
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
2
Keruntutan Teks
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
3
Pilihan Teks
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
4
Penulisan Kosakata
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
5
Kerapihan
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1


Total Score
20

Rubrik Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
No
Aspek yang
Dinilai
Kriteria
Score
1
Santun
(Respect)
Sangat sering menunjukan sikap santun
Sering menunjukan sikap santun
Beberapa kali menunjukan sikap santun
Pernah menunjukan sikap santun
Tidak pernah menunjukan sikap santun
5
4
3
2
1
2
bertanggungjawab
(responsible)
Sangat sering menunjukan sikap bertangungjawab
Sering menunjukan sikap bertanggungjawab
Beberapa kali menunjukan sikap bertanggungjawab
Pernah menunjukan sikap bertanggungjawab
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
5
4
3
2
1
3
Jujur
(honest)
Sangat sering menunjukan sikap kerjasama
Sering menunjukan sikap kerjasama
Beberapa kali menunjukan sikap kerjasama
Pernah menunjukan sikap kerjasama
Tidak pernah menunjukan sikap kerjasama
5
4
3
2
1
4
Disiplin
(discipline)
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
Sering menunjukan sikap disiplin
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
Pernah menunjukan sikap disiplin
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
5
4
3
2
1
5
Percaya diri
(confidence)
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
Sering menunjukan sikap percaya diri
Beberapa kali menunjukan sikap percaya diri
Pernah menunjukan sikap percaya diri
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
5
4
3
2
1























































                                                                                                                                                                       









No comments:

Post a Comment